Tips Bayi Tidur Nyenyak dengan Mudah

Tips Bayi Tidur Nyenyak dengan Mudah. sudah menjadi pendangan umum bahwa bayi akan mudah bangun ketika tidur sepanjang malam. hal ini sudah lumrah dan menjadi fitroh bayi untuk banyak tidur tapi juga sering bangun di sela-sela tidur. orang tua harus respek dengan kebutuhan anaknya dalam hal tidur karena pertumbuhan otak bayi lebih banyak terjadi pada saat tidur.

Tips Bayi Tidur Nyenyak
Advertisement

bayi tidur nyenyak akan memberikan perkembangan emosi yang baik serta pemenuhan kebutuhan tidur yang tercukupi. umumnya bayi yang kurang tidur akan mudah menangis atau ada orang yang bilang rewel -meskipun kata rewel tidak seharusnya di tasbihkan pada anak- karena itulah bahasa bayi dengan orang tuanya. itu juga merupakan efek dari penyesuaian bayi dari kehidupan didalam rahim ke dunia ini. tidur lelap dan pulas sangat penting bagi perkembangan bayi. untuk itu orang tua harus memberikan prioritas mengenai hal ini. (gambar diambil dari : caraterbaik.wordpress.com)

bagaimana tips agar bayi tidur nyenyak?
ada beberapa kiat atau trik agar bayi dapat tidur nyenyak diantaranya :
1. Tidur teratur.
kondisikan bayi agar dapat tidur teratur dengan cara jam tidur bayi kurang lebih sama tiap hari. diusahakan mulai bayi tidur minimal jam 17:30 atau paling lambat jam 19:00 WIB. begitu juga pada saat bangun, usahakan bayi bangun kurang lebih pada jam 06:00 pagi.

2. Kondisikan ruangan tenang dan nyaman.
dengan memberikan fentilasi udara yang cukup dan meredupkan cahaya ketika akan tidur. dengan membuat ruangan redup, memberitahukan kepada bayi bahwa hari sudah malam dan saatnya tidur. kondisi ruangan yang nyaman dapat dilakukan dengan memberikan wewangian yang lembut.

3. asupan asi sebelum ridur.
memberikan asupan nutrisi terbaik asi bagi bayi sebelum tidur memberikan rasa kenyang pada bayi sehingga bagi dapat tidur nyenyak.

4. mandikan bayi dengan air hangat.
hal ini akan memberikan kondisi tubuh bayi menjadi sehat dan santai. mandi dengan air hangat bagi bayi juga melancarkan peredaran darah.

5. pijat bayi dengan lembut.
pijatan lembut pada bayi dapat membuat tubuh bayi rehat dan nyaman. harum minyak telon dapat memberikan relaksasi pada bayi sehingga bayi menjadi tenang.

6. iringi bayi tidur dengan hafalan surat pendek kita.

apapun yang kita ucapkan kepada bayi, mereka mendengarnya dan menyimpannya di otak mereka. berilah mereka stimulus dengan lantunan ayat suci al Quran agar mereka mudah dalam menghafal al Quran ketika dewasanya. terlebih lagi lantunan al Quran itu adalah hafalan kita meskipun itu surah-surah pendek. subhanallah.

demikian tips bayi tidur nyenyak semoga dapat memberikan masukan bagi kita semua agar anak kita dapat tidur dengan nyenyak.  

Related Posts:

0 Response to "Tips Bayi Tidur Nyenyak dengan Mudah"

Posting Komentar